Kamis, 24 Maret 2011

Seputar ibu hamil

Kontrol ke tiga.
tanggal 24 Maret 2011.

Awalnya hanya khawatir dgn pinggang yang sakit, setiap kali duduk, kemudian berdiri. serasa encok. kata temen2 itu wajar aja, tanda baby ku tambah gede. hmmm, tapi suami agak khawatir, jadi minta buat kontrol. ya sudah, akhirnya jadilah kontrol lagi ke PKM hari ini.

eeeeh, ternyata kekhawatiran suami ada benarnya juga. bukannya tanda2 baby tambah gede, tapi karena aku yg kekurangan kalsium. baby ku emang tambah gede, karena itulah ibunya harus berbagi asupan kalsium dgn anaknya. kalsium ku kurang, akhirnya jadilah sakit pinggang. padahal pada umur kehamilanku sekarang, itu asupan kalsium sangat penting, karena inilah masa-masa pembentukan tulangnya.

saat timbang berat badan, waaah, BB ku turun tiap bulannya. dari 55,3 ke 54,7 dan akhirnya ke 55,3. langsung dewh bidannya ngomong "kada tapi makan kah pian bu...?"
memang semenjak suami berangkat diklat, entah kenapa selera makan jadi berkurang. mungkin karena makan sendiri ya?
Nasi paling satu kali takar. malah terkadang tidak habis. oooh, langsung perasaan bersalah kepada si kecil langsung menyelimuti diriku.
Bidannya pesan kalau memang aku tidak bisa makan banyak, ya tidak apa-apa, tapi frekuensi makan ditambah. agar porsi asupan ke dalam tubuh tetap sama. jangan gara-gara ga bisa makan banyak, makan sedikit, eeeeh, tapi tetap 3x sehari. ya iyalah tambah kuruuus...

"aduh nak...., maafin mamah ya, mulai hari ini mamah rajin makan deh"

Langsung deh aku tobat, tidak mau lagi menuruti hati dan rasa malas, yang nantinya akan membahayakan kesehatan janin ku. walau jam 7 pagi tadi sudah makan, waktu yang masih menunjukkan jam 10 pagi, tapi perut yang tiba2 terasa keroncongan, tanpa pikir panjang lagi, haaaaaap.....! langsung deh aku makan dengan semangat!

Akhirnya aku diberi vitamin penambah darah, katanya mulai sekarang harus minum itu supaya darahku kental nanti sampai waktunya melahirkan. aku juga dikasih beberapa vitamin. konsistensi untuk tidak mengkonsumsi obat selama masa kehamilah ternyata menimbulkan asumsi yang salah untuk diriku sendiri.

Memang betul selama hamil, kurangi mengkonsumsi obat. tapi vitamin harus tetap ada. aku boleh tidak meminum vitamin yang disediakan, dengan jaminan asupan vitamin yang kuperoleh cukup. entah itu dari buah, sayur, daging, atau yang lain.
aaaaah, makan aja yang bikin selera itu ayam tepung dan ikan saluang....????

aduuuh, jadilah kuubah komitmennya. "Kurangi konsumsi obat, tapi harus tetap menjaga asupan vitamin dan gizi kedalam tubuh".

naaaah, komitmen itu mungkin akan lebih aman untuk anakku.
dari PKM aku diberi beberapa vitamin. untuk lebih meyakinkan diri, aku menambahnya dengan membeli CDR dan Tonikum Bayer. ku harap itu cukup, dan kata bidannya, yang kupilih itu cukup bagus.

oya, CDR dan Tonikum juga bisa membantu daya tahan tubuhku. soalnya aku sering merasakan sakit di daerah kiri rahim bila bersin. jadi bidannya bilang, hindari debu dan jaga daya tahan tubuh.

oooh, nak, sekarang mamah-mu ini berjanji, akan makan lebih sering, minum susu hamil lebih disiplin, menjaga stamina, dan meminum tambahan nutrisi agar kamu lebih kuat. ternyata susu hamil aja ga cukup nak. kamu setiap hari semakin besar, dan membutuhkan lebih dari itu.
Mudahan kamu sehat selalu, mamah sehat juga, papah sehat, waktu lahir juga sehat.
Amin....

Ibu yang sekarang lagi hamil, jangan lupa, harus rajin makan ya! demi buah hati kita...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar