Rabu, 23 Maret 2011

Periksakan Kehamilan anda secara rutin

Kehamilan adalah masa yang paling indah bagi seorang perempuan
dimana semua ras bercampur aduk, bahagia, senang, atau rasa lemas dan mual karena perubahan hormon dan struktur tubuh.
Semua itu adalah hal yang dinormal, dari kacamata logika pun, di ibaratkan sebuah rumah yang dulunya kosong, tapi sekarang ada penghuninya, pasti akan terasa sangat berbeda kan?

Keluhan awal yang dirasa biasanya mual dan muntah. sensitif dengan segala bau, malas mandi, dalam tingkat yang lebih parah, malah ada yang pusing bila melihat sinar matahari. dalam keadaan seperti ini, peran dan rasa pengertian suami sangatlah penting. dimana ibu hamil perasaannya juga lebih sensitif, gampang marah, gampang nangis, gampang ngambek, daaaaaaan sebagainya.

tapi ibu, satu hal yang harus diketahui, yang penting dalam diri kita pada saat hamil adalah tanamkan asumsi yang baik. ada kan pepatahnya bahwa perang terberat itu adalah perang melawan hawa nafsu?
sedikit berbagi pengalaman, entah kenapa, setiap kali kedapur, kamar mandi dan wc, saya selalu mual. bawaannya pasti ingin muntah. gawatnya, sudah kebiasaan setiap kali makan, pasti pengen BAK, bahkan makan siang yang nantinya dibawa mandi pada saat sore, apa yang saya santap disiang hari bisa keluar lagi.
jadi lah saya bergerak serba cepat bila melakukan semua itu, setelah makan. ada yang mandi cepat2, sambil ngomong sama anak, "ayo nak, cepat nak, kita mandi, biar sehat".
hehehehe.....
atau sikat gigi sambil merem, bahkan sampai menggunakan penutup wajah saat ke WC.

Alhamdulillah, semua ternyata bisa kita kendalikan, disaat pengen muntah, tenang kan diri, hirup udara yang lebih segar, alihkan perhatian, eeeeh, ternyata berhasil.
naaaah, kecuali yang emang ga bisa ditahan2 lagi, terpaksa deh..... :-(

semua itu wajar, asalkan masih berada di batas standar. jangan lupa kalau semua itu sebenarnya tergantung ibu sendiri lo. jangan sedikit2, ibu menyalahkan si kecil. contoh nie, ibu males mandi, terus bilang bawaan si kecil. sampai 2 hari gak mandi? iiiiiiih, kan jorok bu? suami jadi ga demen deket2, dan akhirnya membawa dampak buruk buat si kecil karena ibunya tidak bersih. terus misalnya ngidam yang aneh2, makan batu, minum minyak gas, aduuuuuh bu, itu kan bahaya? yang rasional aja bu ya ngidamnya, misalnya pengen martabak sosis istimewa, terang bulan keju, atau pengen makan lalapan ikan gurame bakar, atau pengen makan apel, hmmmm....., ingat ya bu, ngidamnya jgn aneh2, ntar kasian dunk suami carikan....., dan harus tetap sehat, kan buat sikecil juga?

semua bisa ibu konsultasikan dengan dokter atau bidan. jangan lupa cek kesehatan kehamilan ibu setiap bulan. pada saat cek, ngomooooooongin aja semua yang ibu rasakan, yang dikeluhkan selama ini. pasti mereka2 yang punya pengetahuan lebih tentang kehamilan, akan memberikan solusi buat kita.

oya bu, jangan lupa banyak istirahat ya, dan kurangi konsumsi obat. yaaaah, yang tradisional aja lah. karena saat ini, kita harus memikirkan si dia yang sekarang ada diperut kita.
banyak makan buah dan sayur, kurangi stress, dan dibawa enjoy aja.
jadikan kehamilan ini masa-masa yang menyenangkan.
Perbanyak doa dan mengaji, Sholat lima waktu jangan ketinggalan, Insya, anak kita nanti menjadi anak yang sehat, soleh-soleha, dan bikin bangga...., amin.

Semoga kita sehat selalu ya bu, Ibu hamilnya sehat, anaknya sehat, suaminya juga sehat. dan mudahan masa kehamilan kita lancar. amin.
Selamat ya buat kehamilan ibu...... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar