Minggu, 01 Mei 2011

Rasakan Atmosfir yang berbeda diluar tempurungmu


Ternyata memang benar kata orang, bahwa dunia tak selebar daun kelor.
orang yang selalu ada didalam tempurung adalah orang yang memenjarakan dirinya sendiri.
orang yang tidak pernah berusaha untuk out of the box adalah orang yang merugi.
orang yang merasa hidupnya tidak pernah bermasalah adalah orang yang bermasalah.

Hohoho, bingung ya?
hmmm, hidup ternyata memerlukan petualangan. hidup memerlukan lingkungan baru, teman baru, masyarakat baru. tujuannya cuma satu, agar kita mendapatkan banyak pengalaman, pengetahuan bahkan pelajaran yang berbeda yang mungkin tidak ada ditempat kita selama ini.

beruntung lah kalian yang selama ini telah hidup di dunia yang berbeda-beda.
entah itu karena pindah rumah, menuntut ilmu atau untuk mencari pekerjaan

nikmatilah duniamu yang baru, dengan itu, kau bisa merasakan hal yang berbeda
hal yang mungkin bagus saat kau dirumah, tapi jelek diduniamu yang baru
atau sebaliknya.
namun bisa juga seperti ini,
hal yang dulu kau kira bagus-bagus saja saat kau dirumah, tapi ternyata sangaaaaat tidak bagus, dan hal ini baru kau sadari saat kau ada diduniamu yang baru.

itulah yang kurasakan saat ini. aku baru bisa mengecap indahnya dunia yang baru saat bekerja. walaupun selama kuliah aku sudah mulai melangkahkan kaki ke beberapa dunia yang berbeda, walaupun cuma sesaat. tapi sekarang, betul-betul kunikmati mempelajari sesuatu tentang kehidupan. tentang mendidik, tentang menjaga, tentang menciptakan sesuatu. rasa syukur tak terhingga untuk Sang Pencipta yang telah memberikanku jalan untuk belajar banyak hal diduniaku yang baru ini.

aaah, semua hal yang kulihat, kulakukan dan kubiarkan, yang telah terjadi dirumahku tiba-tiba kurasa sangat salah. ada yang tidak beres dengan kehidupanku dan keluargaku selama ini. aku ingin sekali membawa perubahan, ingin kutularkan dan kubagi apa yang kudapat diduniaku yang baru ini.
agar dapat kurasakan kenikmatan yang sama, dan mereka juga bisa merasakan kenikmatan yang sama pula saat berada di dunia kami yang dulu.

tentang kebersihan, kerapian, rasa saling memiliki, disiplin, kebersamaan, menghargai, saling berbagi dan banyak hal lainnya.
semua hal kudapat, akan kulakukan disana, kuharap mereka dapat menerimanya.
bukan bermaksud menggurui, bukan bermaksud menonjolkan diri.
tapi bukankah suatu perubahan dimulai dari hal yang kecil? dan dimulai dari sekarang.

akan kulakukan secara bertahap. dan kuharap mereka bisa menikmati dan menjaganya.

teman, lakukan apa yang bisa kau lakukan untuk hidupmu dan orang-orang yang kau cintai, yang terbaik. Janganlah kata "perantauan" hanya kau anggap sebagai wadah untuk mendapatkan ijazah dari pendidikanmu, atau gaji dari pekerjaanmu.
saat kau merantau, carilah jua hal yang positif disana, yang dapat menerangi dunia redupmu dan keluargamu yang selama ini kau kira telah terang benderang.

Agar setiap kali kau pulang kampung, tidak hanya oleh-oleh berupa kue dan makanan khas dari dunia barumu yang kau bawa untuk keluargamu. bawa juga pengetahuan baru untuk mereka, bawa juga kebiasaan baru untuk mereka. agar hidupmu lebih bermakna.

Bukankah hal yang paling indah didunia ini, saat kita bisa memberi manfaat bagi orang lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar